Perayaan Maulid Nabi Muhammad di Gampong Lambaed

GAMPONG LAMBAED – Gampong Lambaed Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh memiliki tradisi yang unik dalam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad, SAW. Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilakukan oleh Masyarakat Gampong Lambaed Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar penuh dengan kemeriahan dan keakraban, Minggu (05/01/20).

Keuchik Darmawan kerjasama dengan warga memeriahkan maulid

Lambaed sebagai Gampong yang penduduknya seratus persen beragama Islam, Perayaaan maulid Nabi Muhammad SAW bagi masyarakat Gampong Lambaed memiliki arti penting didalam kehidupan adat dan budaya. Makanya tidak mengherankan, apabila memasuki bulan Rabiul Awal (bulan lahirnya Nabi Muhammad SAW), maka tradisi perayaan Maulid tampak meriah di Desa ini.

Baca juga : Dokumentasi Maulid Nabi Muhammad 1441 H di Gampong Lambaed

Pada saat pelaksanaannya, warga desa berbondong-bondong menuju ke meunasah dan para warga dari desa lain juga di undang untuk menikmati santapan hidangan Maulid. Namun, sebelum menikmati hidangan Maulid, terlebih dahulu dilakukan Zikir Maulid. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan acara santapan hidangan kenduri Maulid.

Panitia akan membagikan nasi dan juga lauk pauknya kepada warga yang telah duduk teratur untuk disantap saat itu. Setelah itu rombongan undangan tersebut juga di perbolehkan membawa pulang nasi dan lauk pauknya kerumah. Ada kebanggaan bagi warga yang berkenduri, apabila makanan yang dikendurikan olehnya habis dimakan dan dibawa pulang oleh warga lainnya.

Untuk pelaksanaan kenduri maulid ini, dilaksanakan pada siang hari, sedangkan pada malam harinya kegiatan dilanjutkan dengan ceramah agama (Dakwah Islamiah) dengan mengundang mubaligh. Biasanya para mubaligh yang terkenal akan diundang untuk mengisi tausiyah agama.

Pada malam harinya, warga baik tua maupun muda, pria maupun wanita berbondong-bondong menuju ke meunasah untuk menyaksikan dan mendengarkan ceramah agama. Bahkan warga juga ikut membawa alas duduk masing-masing dari rumah agar dapat lebih leluasa mendengarkan ceramah agama dilapangan terbuka.

Begitulah kemeriahan pelaksanaan tradisi Maulid di di Gampong Lambaed Kecamatan Kuta Baro, seluruh warga larut dalam berbagai proses pelaksanaannya.(*)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan