Apa tujuan dari Musrembangdes

GAMPONG LAMBAED ā€“ Musrembangdes adalah forum musyawarah perencanaan pembangunan desa atau gampong yang dilaksanakan setiap tahun untuk membahas, mengkaji, menentukan dan menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Gampong (RKPG) tahun anggaran yang direncanakan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) yang ada di Gampong.

Stakeholder gampong adalah semua pihak yang ada dalam masyarakat, baik itu individu, kelompok dan komunitas masyarakat yang memiliki hubungan terhadap permasalahan dan kepentingan bersama dalam pembangunan gampong.

Dalam musrembangdes seluruh masyarakat gampong mendapatkan ruang untuk menyampaikan aspirasi dan mengusulkan kegiatan yang sesuai dengan kebutuhannya. Inilah yang disebut dengan musyawarah gampong yang ideal.

Namun dalam pelaksanaan musrembangdes dihampir semua gampong masih sebatas kegiatan rutinitas dan ruang pertemuan dialogis elit-elit gampong dengan pihak supradesa (kecamatan dan pendamping). Sehingga perencanaan gampong yang partisipatif menjadi sepi di gampong, terutama dalam perlibatan kaum perempuan gampong.

Imbas dari sepinya perencanaan gampong yang tidak partisipatif. Membuat proses perencanaan dan penganggaran gampong rentan terhadap kepentingan Keuchik, aparatur gampong, Tuha Peut Gampong atau BPD dan elit-elit gampong.

Maka tak heran bila usulan-usulan dari masyarakat sering tersingkirkan pada saat penetapan prioritas kegiatan pembangunan gampong. Jika seperti yang terjadi, wajar jika masyarakat bertanya Seperti Apa Pemimpin Gampong yang Ideal?

Padahal musrembangdes itu sebagai media pertemuan bagi pemerintah gampong bersama masyarakat gampong untuk merembugkan dan memikirkan persoalan-persoalan terkait pembangunan gampong sebelum diputuskan menjadi sebuah keputusan bersama di gampong.

Tujuan Musrembang Gampong

Beberapa tujuan dari pelaksanaan musrembangdes dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Menetukan dan memutuskan prioritas kegiatan gampong yang akan dilaksanakan oleh gampong sendiri melalui dana swadaya/meuseuraya (red.gotong royong) masyarakat gampong.
  2. Menentukan dan memutuskan prioritas kegiatan gampong yang akan dilaksanakan oleh gampong sendiri melalui Alokasi Dana Gampong (ADG) yang berasal dari APBD kabupaten/kota.
  3. Menentukan dan memutuskan prioritas kegiatan gampong yang akan dilaksanakan oleh gampong sendiri melalui Dana Gampong (DG) yang berasal dari APBN.
  4. Menentukan prioritas masalah daerah yang ada di gampong yang akan diusulkan melalui musrembang kecamatan untuk menjadi kegiatan pemerintah daerah dan dibiayai melalui APBD kabupaten/kota, Provinsi dan APBN.
  5. Menyepakati perwakilan atau utusan Gampong untuk memaparkan persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat di desanya dalam forum musyawarah kecamatan untuk menjadi penyusunan program pemerintah daerah/SKPD tahun berikutnya.

Demikian jawaban singkat atas pertanyaan Apa Tujuan Musrembangdes, semoga bermanfaat, di olah dari infodesa gampong RT.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan