Menjaga Amanah Dana Gampong

LAMBAED.DESA.ID – Dana Gampong memiliki nilai yang sangat strategis dalam mempercepat pembangunan gampong dan pemberdayaan masyarakat. Kalau benar pemanfaatan dan pengelolaanya akan melahirkan manfaat multi efek, seperti dengan membangun inprastruktur gampong juga dapat memicu pertumbuhan kemajuan ekonomi masyarakat. Namun, harapan tersebut masih ada kekurangan disana-sini dilapangan.

Berdasarkan amatan, penyalagunaan penggunaan dana gampong masih saja terjadi, baik yang disegaja atau tidak. Minimnya sosialisasi tentang prosedur dan aturan penggunaan dana gampong merupakan salah satu faktor penyebabnya. Sehingga dengan pengetahuan terbatas yang mereka miliki, menyebabkan beberapa kades bersama aparatur gampong terseret dalam kasus penyalahgunaan Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG).

Baca : Penggunaan Dana Gampong Diawasi lebih Ketat pada Tahun Ini

Pada sisi lain, penyelewengan dana gampong diduga ikut melibatkan oknum-oknum dari berbagai instansi pemerintah dan tenaga pendamping dengan modus bermacam-macam. Untuk memastikan apakah dugaan-dugaan atas penyalahgunaan dan penyelewengan dana gampong oleh berbagai pihak, disinilah pentingnya dilakukan proses audit. Pengawasan secara terus menerus menjadi utama yang harus dikedepan agar dana gampong tidak melenceng dari tujuan dan sasaran.

Seperti kita diketahui bahwa salah satu tujuan dari dana gampong adalah untuk mempersiapkan kemandirian desa. Karena itu, setiap program dan kegiatan yang direncanakan harus bisa menjaga amanah dana gampong, sebagai perintah dari implementasi UU Desa. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan